Laman

Sabtu, 03 Mei 2014

Semester 1 #3

“Sebisa mungkin jangan ditunda, karena.. ada harga yang harus dibayar dari sebuah penundaan”

Teknik Digital (2 SKS)

Dosen: Ir. Priyatmadi,M.T.

Terima kasih kepada Pak Pri atas ilmu yang telah diberikan. Dosen yang satu ini memang luar biasa (y).
Terima kasih kepada mas Tama (Ade Pratama S.K) TE 2012 atas tutorial yang diberikan.
Mata kuliah ini membahas menganai konsep digital, yang di dalamnya hanya ada logika 0 dan 1, benar dan salah, tinggi dan rendah, dsb.  Menarik sekali, teknologi yang sangat canggih saat ini hanya menggunakan logika 0 dan 1. Komputer misalnya. Membuat aku semakin tertarik dengan mata kuliah ini.

Awalnya dijelaskan tentang perbedaan analog dan digital, keuntungan menggunakan sistem digital, dan konsep bilangan biner, oktal, dan heksadesimal. Kemudian tentang gerbang logika, aljabar boolean, agak meningkat ke peta karnaugh, dan diperkenalkan dengan logika kombinatorial dan sekuensial. Logika kombinatorial meliputi adder, decoder, multiplexer, dsb. Kemudian logika sekuensial seperti latch, flip-flop, counter. Dalam pembahasannya lebih ditekankan ke “logic” dan pemahaman akan konsep digital. Untuk urusan elektronis tidak diajarkan karena memang belum waktunya


UTSnya gampang sekali hahaha, aku merasa tidak ada yang salah dengan jawabanku, tetapi membutuhkan ketelitian

UAS, menganut sistem paralel, tapi sepertinya yang membuat soal itu cuma bu Litasari (dosen kelas sebelah), dan model-model soalnya jarang dijumpai, walaupun begitu dari 3 soal yang ada aku bisa mengerjakan semua, entah bener atau salah, tapi kayaknya bener semua kok (aamiin)
Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang membantu.


Teknik Elektro Dasar ( 3 SKS )
 
      Dosen: Ir. Bondhan Winduratna,M.Eng.

Terima kasih kepada Pak Bondhan atas ilmu yang telah diberikan.
Terima kasih kepada Mas Imad (Imaduddin A. Majid) TE 2012 atas tutorial yang diberikan.
Terima kasih kepad Mas Imad (Imaduddin A. Majid) dan Mas Saif (Muhammad Saifussalam) atas bimbingan dalam belajar mata kuliah ini, yang membuat penulis bisa tercerahkan hehehe.

Referensi utama: Circuits, Devices, and System karya Ralph J Smith. Ada versi terjemahan bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh dosen kebanggan kita yaitu Pak Prof Adhi Susanto.

Sesuai dengan namanya “Teknik Elektro Dasar”, mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar dari Teknik Elektro. Awal-awalnya belajar tentang konsep-konsep dasar listrik, untai listrik, elemen dasar listrik (R,L, dan C). Konsep rangakain listrik lebih diperdalam meliputi hukum Ohm, hukum Kirchoff, teorema-teorema seperti Norton, Thavenin, Superposisi. Pak Bondhan mengajarkan mata kuliah ini dengan penuh semangat dan terlihat sangat menarik, sampai-sampai aku tidak bisa mengantuk saat kuliah ini wkwk, Beliau kadang menambahkan bumbu-bumbu cerita sehingga aku setia mendengarkan beliau. Yang paling berkesan yaitu ketika beliau mengucapkan kata “circuit” yang dilafalkan “serket” dengan logat jawa :D. Terus ada satu quote “Isyarat yang konstan tidak mengandung informasi”.

Menginjak ke materi yang agak kompleks, yaitu tentang “isyarat”, atau dalam bahasa Inggris “signal”. Isyarat yang dipelajari dikhususkan untuk isyarat yang eksponensial (biasa dan kompleks), karena dalam rangkaian listrik yang akan dipelajari isyaratnya berubah secara eksponensial seperti pada pengisian muatan kapasitor. Lalu dikenalkan dengan persamaan diferensial untuk memodelkan rangkaian listrik, untuk mencari tanggapan alami dan paksa (dalam ranah/kawasan/domain waktu)

UTS: materinya sudah jelas, tidak terlalu susah, hanya saja aku tidak tenang, aku melakukan kesalahan kecil yang berakibat fatal, pesimis dengan hasilnya.

Setelah UTS materinya tentang fasor, dikenalkan dengan bilangan kompleks. Sifat Resistor, Kapasitor, Induktor dan juga analisis rangkaianya dengan sumber tegangan AC. Daya pada rangkaian AC. Tanggapan frekuensi (dikenalkan tentang rangkaian filter, LPF,HPF,BPF,dsb). Dan masih banyak lagi. Yang jelas, mata kuliah ini sangat menarik! Kalau sebelum UTS dikenalkan tanggapan dalam ranah waktu, setelah UTS dikenalkan dengan tanggapan dalam ranah frekuensi. Waktu sebagaimana kita bisa dengan mudah membayangkan secara “fisis” dan bisa merasakannya. Nah, kalau frekuensi? Kira-kira gimana cara membayangkannya?

UAS: aku persiapan mati-matian (lebay), banting tulang juga hati *ups. Hari-hari menjelang UAS aku berbaik hati kepada teman-teman. semua soal yang sudah pernah keluar tahun-tahun sebelumnya harus bisa semua dan lancar tidak ada kesalahan sedikitpun (perfeksionis ya hehe), aku ingin membayar kesalahan UTS! Dan ternyata alhamdulillah bisa semua walaupun ada sedikit yang mengganjal terutama soal dari Pak Prof Adhi Susanto hehe.

Matematika Teknik (3 SKS)

Dosen:
Dr. Indah Soesanti,S.T.,M.T
Adha Imam Cahyadi,S.T.,M.Eng.,D.Eng

Terima kasih kepada Bu Indah dan Pak Imam atas ilmu yang telah diberikan
Terima kasih kepada Mas Tatag (Muhammad Tatag Arifudin Amali) TE 2012 atas tutorial yang diberikan.

Mata kuliah ini bisa disebut sebagai “kalkulus”. Menurutku, nama “matematika teknik” terlalu berlebihan, karena isi dari mata kuliah ini hanyalah dasar-dasar kalkulus dan sedikit pengembangannya. Akan lebih baik jika diganti dengan “matematika” atau “kalkulus” saja. Jurusan-jurusan lain yang ada di FT UGM menggunakan nama “matematika teknik” untuk mata kuliah semester 3 atau 4 yang memang berisi materi matematika lanjutan, bukan dasar lagi.
Ya, mata kuliah ini mempelajari konsep limit, turunan, integral, barisan dan deret, bilangan kompleks (kalkulus banget kan). Mirip dengan SMA tapi lebih diperdalam.
Bu Indah: Pembelajaran menerapkan student active learning. benar-benar mengulang SMA. Namun bu Indah menekankan pemahaman konsep. Apa itu limit, diferensial, integral. Dan dikenalkan aplikasi dari kalkulus.
UTS: Mirip soal tahun lalu. Namun karena menerapkan sistem paralel, soalnya tidak hanya dari Bu Indah. Ada dari pak Husni Rois Ali dan Pak Danang.

Pak Adha kalau membahas materi ini sangat detail,  sampai bahasan kalkulus kompleks yang sebenarnya belum waktunya pun dikenalkan. Luar biasa (y)
UAS: soal dari pak adha, pak mulyana, juga pak danang.


Pengantar Teknologi Informasi (2 SKS)

Dosen:
Dr.Eng. Silmi Fauziati, S.T.M.T
Terima kasih kepada Bu Silmi atas ilmu yang telah diberikan.

Mata kuliah ini kasarannya seperti mata pelajaran TIK SMA. Isinya tentang konsep teknologi informasi, sistem informasi, sistem komputer (hardware, software), jaringan komputer, dan peluang karir teknologi informasi.

Mata kuliah ini sering disingkat PTI, atau Pengantar Tidur *upss.
Ada beberapa tugas dalam makul ini, salah satunya presentasi, terima kasih kepada Faris (Faris Anwar Zain), Hishban (Hishban Shidqi Awantoro), Sani (Muammar Sani Nasution) atas kerjasamanya yang baik sehingga kelompok kita menjadi kelompok presentasi terbaik dalam satu pertemuan wkwk, walaupun ngerjainnya H-beberapa menit baru selesai hahaha.

UTS UAS: mengarang bebas, sok-sokan mode: ON.

Kesimpulan: Mata kuliah semester 1 di Teknik Elektro UGM tidak ada yang tidak menarik! It’s all amazing! Asik banget semua mata kuliahnya. Yihaaaa!


Wah, praktikum belum ya? Sabaar :D Kalau ada kesempatan insya Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar