Laman

Selasa, 25 Maret 2014

Cerdas dalam Ilmu dan Amal


Tulisan ini dibuat oleh seorang anggota Cendekia Teknika (CT)

 “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat”
“Jika kamu tidak tahan dengan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung pahitnya kebodohan”

Dan berkata seorang teman,
“Jangan pernah merasa cukup belajar”

Ilmu itu sangat luas, dalam, dan tidak akan pernah habis. Tahukah seberapa ilmu Allah, Sang Maha pencipta, satu-satunya dzat yang berhak kita ibadahi dengan benar? Perumpamaan ilmu Allah adalah jika tujuh lautan dijadikan tinta ditambah dengan tujuh lautan lagi, dan pohon-pohon di seluruh dunia ini dijadikan pena, maka tidak akan cukup untuk menuliskan ilmu Allah. Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah.
Jadi sedalam-dalamnnya ilmu yang kita miliki tetap saja sangat jauh dibandingkan ilmu Allah.

Kata “cendekia” mengandung makna yang berat, dan juga bagi penyandangnya. Apakah kita pantas disebut cendekia? Yaps, pertanyaan yang sulit. Jika kuliah saja kita malas-malasan pantas kah kita disebut cendekia? Padahal kuliah hanya sebagian kecil cara untuk menyandang gelar cendekia. Walaupun begitu, gelar S.T. tidak selalu menggambarkan bahwa dia adalah seorang cendekia.

“Jika ingin sukses di dunia maka dengan ilmu, jika ingin sukses di akhirat dengan ilmu, dan jika ingin sukses dunia dan akhirat juga dengan ilmu”

Jadi, tidak ada keraguan lagi bahwa ilmu itu penting. Dan mendapatkan ilmu itu jauh lebih penting. Siapa sih yang tidak ingin sukses di dunia dan akhirat?

Jika aku ditanya tentang apa itu Cendekia.
Cendekia, berarti ia terus belajar dan belajar.
Cendekia, tidak ada malas padanya, dan senantiasa memperbaiki kesalahan yang dilakukan.
Cendekia, semakin dia terus belajar dan mendapatkan ilmu, justru dia merasa bahwa ilmu itu semakin luas.
Cendekia, bersungguh-sungguh dalam belajar, tidak ada kata menyerah baginya dalam belajar.
Cendekia, Cendekia, Cendekia.

Cendekia itu.. Belajar! Sebagai mahasiswa fakultas teknik tentunya harus mempunyai ilmu dasar-dasar keteknikan. Apa saja dasar-dasarnya? Sebut saja Matematika, Fisika, dan Kimia. Mungkin Probabilitas dan Statistika atau Metode Numerik juga termasuk. Sudahkah kita belajar itu semua? Susah? Iya memang, tapi bisa. Jangan mengeluh, kalau sudah mengeluh di awal, terus kapan mulai belajarnya? :D
Tidak cukup di dasar bro. Ilmu-ilmu sesuai bidangnya masing-masing juga wajib untuk dipelajari. Akan sangat keren jika menguasai tidak hanya ilmu yang sesuai bidangnya. Misal mahasiswa teknik elektro yang selain menguasai bidang teknik elektro juga menguasai bidang teknik kimia. Wah, keren sekali! Atau insinyur teknik kimia yang juga bisa membuat robot.
Ngapain sih susah-susah belajar matematika, fisika, termodinamika, sinyal dan sistem? Eitss tunggu, bayangkan kalau kita sudah bekerja dan diberi suatu tanggung jawab untuk merancang sebuah sistem engineering yang kompleks. Kita disuguhi banyak masalah di dunia nyata (real), untuk menyelesaikannya kita harus paham apa dan bagaimana masalahnya, untuk memahami masalah tersebut dibutuhkan ilmu, kemudian baru dibuat model matematis yang sesuai, jika sudah dimodelkan maka tinggal dicari solusinya, solusi mungkin tidak hanya satu, tetapi dari beberapa solusi yang memungkinkan dipilih solusi yang paling kecil ketidakpastiannya, serta efektif dan efisien. Disitulah ke”S.T.”an kita diuji dan dipertanggungjawabkan (padahal belum lulus, semester 2 aja belum selesai hahaha). Jangan dikeluhkan, memang anak teknik sering disuguhi dengan persamaan-persamaan rumit, akan tetapi yakinlah bahwa ilmu yang didapat tersebut akan sangat bermanfaat ke depannya.

“Jika belajar itu berat, maka akibat dari tidak belajar itu lebih berat”

#RandomQuote -> “Memahami suatu bahasan dalam buku kalkulus lebih aku sukai daripada menonton pertandingan sepakbola”

Dan bersabarlah, karena semuanya adalah proses, dan proses membutuhkan waktu.

Sebagai Cendekia, menjadi suri tauladan yang baik menjadi salah satu nilai plus. Karena memang orang yang berilmu tentu akan lebih banyak berbuat baik, dan dari situlah dia bisa menebar inspirasi.

Cendekia Teknika, Saling berbagi, saling menginspirasi.
Cendekia Teknika. Cerdas dalam Ilmu dan Amal! :D

Jadi Cendekia Teknika (CT) adalah salah satu Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di fakultas teknik UGM. Berisi orang-orang hebat yang siap menggenggam dunia! SEMANGAT!
“jika hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup, jika bekerja sekedar bekejar, kera juga bekerja” Buya Hamka
Yuk mari bersama-sama menjadi lebih baik!
-TAMAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar